-->

Gratis dan Mudah Membuat Privacy Policy Secara Online

Pengertian Dan Fungsi Privacy Policy

Mungkin ada sebagian orang yang tidak mengerti Apa Privacy Policy itu dan Untuk Apa ?

Privacy Policy atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Kebijakan Privasi itu adalah suatu uraian yang menjelaskan aturan-aturan atau kebijakan dari pemilik sebuah situs atau blog. Tujuannya adalah agar pengunjung dapat mengetahui aturan-aturan yang menyangkut privasi pengunjung dan pemilik situs atau blog itu sendiri.

Jika anda membuka sebuah situs atau blog-blog di internet, banyak yang menerapkan Privacy Policy mereka dengan berbahasa Inggris, itu disebabkan jasa pembuatan Privacy Policy ini mengutamakan bahasa inggris. Namun anda bisa merubahnya kedalam bahasa Indonesia atau mungkin anda bisa saja membuat sendiri, tapi pastinya akan membutuhkan waktu yang agak lama karena harus menyesuaikan standar penulisan atau kata-kata Privacy Policy yang baku.

Pemasangan halaman Privacy Policy di dalam sebuah situs atau blog sangatlah penting, selain agar terlihat profesional dan mengindikasikan bahwa situs atau blog tersebut dirawat dan dikelola secara berkala, Privacy Policy juga merupakan Aspek pendukung sebuah situs atau blog. Selain itu Privacy Policy juga merupakan syarat untuk sebuah situs atau blog jika situs atau blog tersebut hendak mendaftar ke program penerbitan iklan berbasis PPC (Pay Per Click) seperti Google AdSense dan Lainnya.

Langkah-langkah Membuat Privacy Policy

1. Silahkan kunjungi laman Privacy Policy Online, Kemudian akan muncul laman form yang harus anda isi sesuai data situs atau blog anda. Perhatikan gambar dan penjelasan dibawah :


  • Your Site Title : Isi dengan judul blog anda (Memo Internet)
  • Your Site URL : Isi dengan alamat url blog anda (http://memointernet.blogspot.co.id/)
  • Contact Link : Isi dgn link Contact anda (http://memointernet.blogspot.co.id/p/contact.html)
  • Email Address : Isi dengan Alamat Email anda
  • Email Encryption : Pilih "No Encryption"
  • Pada tab "Cookies" anda pilih "Yes, My site used cookies"
  • Pada tab "Advertisers on your site" anda bisa pilih/centang semua atau pilih salah satu
  • Klik "Generate Policy"

Isi form sesuai data situs atau blog Anda

2. Pada halaman berikutnya akan tampil teksk Privacy Policy untuk situs atau blog Anda, tampilannya akan terlihat seperti gambar dibawah, bisa langsung anda copy. Namun akan lebih baik anda copy dalam bentuk HTML, tujuannya agar semua element terbawa. Lihat dibagian bawah terdapat tombol "Generate HTML for this page", klik tombol tersebut dan copy seluruh teks yang ada pada kolom Privacy Policy.

Contoh Privacy Policy yang sudah jadi


Membuat Halaman Privacy Policy

Setelah anda berhasil membuat Privacy Policy untuk situs atau blog anda, sekarang anda tinggal membuat halamam privacy policy di situs atau blog anda. Berikut langkah-langkah Cara Membuat Halaman Privacy Policy :


  • Login ke blogger.com, pilih "Laman" kemudian pilih "Laman Baru"

Pilih Laman dan pilih Laman Baru

  • Setelah muncul halaman untuk membuat Laman berilah judul "Privacy Policy" atau "Kebijakan Privasi", Pada laman kanvas rubah mode Compose menjadi HTML kemudian pastekan script yang tadi anda copy, Lanjutkan dengan mengklik tombol Publikasikan.

Rubah mode Compose jadi HTML

Nah sampai disini anda sudah selesai Membuat Halaman Privacy Policy, untuk melihat contoh jadi silahkan lihat disini Privacy.
Selanjutnya anda tinggal membuat Halaman Disclaimer dan Terms of Service, saya akan mengulasnya dalam artikel yang terpisah agar anda mudah mengerti dan tidak pusing sendiri.hehehe

Terima kasih dan semoga bermanfaat

Gratis dan Mudah Membuat Privacy Policy Secara Online